Osteoarthritis dan Rheumatoid Arthritis

Osteoartritis (OA) adalah penyakit reumatik yang ditandai oleh kerusakan rawan sendi yang membungkus ujung tulang yang saling bertemu membentuk persendian. Tanda dan gejala dari penyakit ini adalah nyeri pada daerah lutut yang berlangsung perlahan – lahan dan semakin lama semakin berat.
Terkadang penderita akan merasakan nyeri pada saat berjalan, akan terasa lebih nyaman saat beristirahat. Pada saat perpindahan posisi dari duduk kemudian berdiri membutuhkan persiapan terlebih dahulu. Pasien akan merasa kesulitan untuk berlutut atau menekuk, serta nyeri pada saat naik dan turun tangga.
Gejala yang sering muncul pada pasien OA, kadang tidak sama dengan tingkat kerusakan sendi atau gambaran radiologinya (rongent). Terkadang gambaran rontgentnya tampak baik tetapi keluhan yang dirasakan oleh pasien berat. Nyeri dan kaku pada sendi merupakan keluhan yang sering muncul pada pasien.
Sedangkan rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun yang di tandai dengan adanya kerusakan pada sendi yang bersifat progresif dan menyebabkan ketidakmampuan yang menetap. Penyakit ini merupakan penyakit inflamasi sistemik yang mengenai synovial. Pada umumnya penyakit ini menyerang sendi – sendi pada bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki.
Penyebab rematik sampai saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan lebih mungkin terkena penyakit rematik dibandingkan laki-laki. Tetapi pada wanita yang sudah terkena rematik, kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisinya.

Tinggalkan komentar