Tentang Rematik

PENGERTIAN

Rematik atau biasa disebut arthritis adalah penyakit yang menyerang persendian dan struktur disekitarnya. Rematik bisa menyerang bagian kepala sampai kaki. Penyakit rematik tidak boleh disepelekan karena bila tidak segera ditangani bisa membuat anggota tubuh berfungsi tidak normal. Mulai dari benjol-benjol sendi, kaku, sulit berjalan, bahkan cacat seumur hidup.

GEJALA

Terdapat puluhan jenis penyakit rematik, namu secara umum penyakit ini ditandai dengan gejala seperti: nyeri, bengkak, kemerahan, gangguan fungsi sendi dan jaringan disekitarnya.

JENIS – JENIS REMATIK

Jenis rematik yang paling banyak diderita di Indonesia adalah:

1. Osteoarthritis : Rematik yang disebabkan pengapuran sendi.

Osteoarthritis penyakit sendi degeneratif yang angka kejadiannya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Gejala yang menyertai antara lain: nyeri pada persendian setelah penderita melakukan aktivitas atau pada saat perubaha cuaca dari panas ke dingin. Faktor pencetus Osteoarthritis biasanya karena ada penyakit lain atau keadaan tertentu. Namun dengan kemajuan ilmu kedokteran, Osteoarthritis  tidak dianggap sebagai penyakit degeneratif lagi, namun sebagai proses inflamasi sehingga pengobatan tidak hanya menggunakan therapy supplement saja, tetapi juga anti peradangan.

2.Arthritis Reumatoid: rematik radang sendi

Gejala biasanya terjadi pada sendi kecil seperti jari-jari tangan/kaki dan bersifat systemic dan lebih dari tiga sendi yang terkena. Sendi-sendi lain juga dapat terkena, karena penyakit ini bersifat systemic(dapat menjalar kemana-mana) termasuk menyebabkan komplikasi ke mata, jantung, paru-paru dll.

3.Ankylosing Spondylitis

Gejala yang timbul : boyok terasa pegal, kaku pada waktu bangun pagi hari, leher juga sering terasa pegal. Semua sendi dapat terkena. Bila penyakit ini berlanjut dapat menyebabkan komplikasi seperti mata kering, telinga berdengung, mata terasa seret, kadang menyebabkan nyeri dada sehingga dikira jantung koroner. Bisa juga komplikasi ke usus (dengan gejala diare), paru-paru, jantung, stroke, karena terjadi sumbatan pembuluh darah. Selain hal tersebut dapat menyebabkan osteoporosis tidak hanya pada wanita menopause/andropause tetapi pada penderita muda.

4.Arthritis Gout: remtaik yang disebabkan kadar asam urat yang berlebihan dalam darah

Arthritis Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi yang berulang dan tiba-tiba, peradangan sendi bersifat menahun (kronis) dan setelah terjadi serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok. Arthritis ini disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi. Jadi makanan dengan protein tinggi agar dihindari.

Tinggalkan komentar